Pusat Grosir Kain Batik Tulis Madura Online | 085606934956


Batik merupakan warisan leluhur yang saat ini motifnya sudah semakin berkembang. Pada dasarnya batik dengan berbagai motif merupakan budaya karya seni yang perlu dipertahankan dilestarikan dan dikembangkan sejalan dengan pengakuan UNESCO pada tahun 2009 bahwa Batik Indonesia dicatat sebagai warisan budaya dunia tak benda . Batik di berbagai daerah mempunyai motif dan ciri khas tersendiri misalnya Batik Solo, Jogjakarta,Pekalongan Lasem dan daerah lainnya ,demikian pula dengan Batik Madura.

Batik Madura banyak diminati karena memiliki keunikan tersendiri   dan pada umumnya Batik Madura dikategorikan sebagai Batik Pesisir yang seringkali digambarkan sebagai batik yang dihiasi warna-warna yang cerah, “berani” serta motif yang dinamis, walau sesungguhnya pemberian ciri ini merupakan cerminan dari dikotomi Batik Jawa, yaitu Batik Pesisir dan batik yang berkembang di seputar keraton-keraton Solo dan Jogjakarta. Namun jika ditilik lebih dalam lagi dengan memperhatikan keanekaragaman saat ini, ciri tersebut tidak bersifat mutlak, ada juga Batik Pesisir yang warna dan polanya dekat ke ciri-ciri Batik Solo dan Yogyakarta.

Di Madura pengrajin batik dapat dijumpai di Sumenep, Pamekasan dan Bangkalan, dan Pasar Batik terbesar berada di Pamekasan. Di Pamekasan Batik tulis menjadi bagian dari gerakan “kembali ke asal” dengan pencanggihan teknik penggunaan canting, penghalusan motif tradisional serta pengembangan warna alamiah, adapun di Bangkalan ,batik tulis menjadi bagian dari perkembangan ekonomi yang melesat.

Corak  Batik Madura dipengaruhi oleh budaya   Cina dengan warna- warna cerah seperti kuning, merah dan hijau yang memiliki arti tersendiri, merah melambangkan karakter masyarakat Madura yang kuat dan keras, hijau melambang warna religi dimana beberapa kerajaan Islam didirikan dan berkembang di Madura, kuning melambangkan bulir-bulir padi yang ditanam penduduk. Batik Madura juga memiliki perbendaharaan motif yang beragam, misalnya, pucuk tombak, belah ketupat, dan rajut serta motif aneka plants dan fauna yang ada dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Madura.

Tradisi mengenakan   kain batik dapat terpelihara sampai sekarang karena   mengenakan busana batik merupakan   bagian dari adat dan budaya masyarakat Madura sehari-hari . Saat ini   kain Batik Madura dengan berbagai motif menjadi populer dan banyak diminati oleh para wisatawan, sehingga   para perajin dan pengusaha batik di Pulau Madura semakin bergairah dalam memprodusi kain batik dengan pengembangan motif yang beragam dan tetap mempertahankan ciri khas Madura.

Kami adalah salah satu produsen kain batik tulis madura yang melayani pemesanan secara grosir, untuk informasi lebih lanjut mengenaik produk dan pemesanan hubungi:

Tlp: 082-313-777-28

Wa: 085-606-9349-56

Kami juga melayani pengiriman untuk seluruh wilayah indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pusat Grosir Kain Batik Tulis Madura | 085606934956

Jual Grosir Kain Batik Tulis Madura Murah | 085606934956